ViralGen Referral Shopping

Sunday, June 30, 2013

Software Utilities Windows Terbaik Menurut Toptenreviews.com

Berikut ini adalah daftar software Windows terbaik hasil test perbandingan yang dilakukan toptenreviews.com untuk kategori utilities, disertai beberapa penjelasan singkat seputar software-software yang saya sepakati memang terbaik. Ini meliputi kategori Anti Keylogger, Continuous Backup, Defragmenter, Disk Imaging, Disk Recovery, File Compression, Home Network, Parental Control, Partition Manager, PC Backup, PC Migration, Registry Cleaner, Remote Desktop, Remote PC Access, Screen Capture, Screen Reader, Server Backup, Sync, System Repair, Uninstaller, Windows Backup, Windows Emulator, Remote Windows Access, dan Windows Server Backup.

Saya menjadikan toptenreviews.com sebagai salah satu referensi dalam mencari software-software berkualitas. Seringkali saya harus membuka ulang satu per satu ulasan toptenreviews untuk memilih sebuah software dan atas alasan apa saya menentukan pilihan. Karena tidak semua saran yang diberikan oleh toptenreviews.com saya setujui, saya punya cara sendiri untuk memilih dari data-data yang mereka suguhkan. Dengan menuliskannya seperti ini saya akan segera mengetahui software yang saya maksudkan dan menyederhanakan kebiasaan saya. Saya berharap ini juga akan membantu pengunjung lain yang ingin mencari software-software berkualitas, hanya dengan satu klik pengunjung akan sampai kepada data-data yang saya maksud. Melalui cara ini pula saya akan menentukan produk-produk yang akan saya tawarkan melalui program afiliasi, agar konsumen mendapatkan kualitas terbaik.

Kategorisasi toptenreviews cendrung membingunkan saya, namun untuk sementara sambil menunggu ide untuk kategorisasi yang saya pikir lebih sederhanan dan tepat, saya akan tampilkan apa adanya sebagai berikut :

Kategori Anti-Keylogger. Keylogger adalah salah satu aplikasi renik predator yang mencuri data dengan merekam aktivitas keyboard PC yang diinfiltrasinya, lalu mengirimkannya ke penjahat cyber yang menyebarkannya, tanpa disadari oleh pengguna PC. Ini dapat mengakibatkan kerugian financial maupun privacy terhadap korban. Beberapa software security suite dapat mengidentifikasinya dan membasminya, namun seringkali tidak maksimal karena fokus pengembangan mereka kepada update database untuk mengenali aplikasi predator lainnya seperti trojan, virus, atau malware. Software standalone didedikasikan khusus untuk tujuan tertentu sehingga lebih powerfull. Inilah alasan mengapa software standalone layak untuk dipertimbangkan. Untuk melihat hasil test perbandingannya, silahkan klik di sini.
  • Zemana Anti Logger. Software ini adalah Software anti Keylogger terbaik dengan beberapa fitur tambahan untuk jenis anti log lainnya seperti Webcam log, Sound log, DirextX log, Screen log, Hardware log, dan Clipboard log.
Kategroi Continuous Backup. Software ini akan melakukan update pada data backup secara terus menerus setiap kali terjadi perubahan data pada komputer, sehingga tidak ada alasan tidak sempat melakukan backup sebelum sistem crash. Untuk melihat hasil test perbandingannya, silahkan klik di sini.
  • Timeline Professional adalah software terbaik di kategori continous backup versi toptenreviews. Software ini hanya kurang di bagian virus scanning, saya tidak tahu apakah virus scanning yang dimaksud adalah mengizinkan software antivirus melakukan scanning ke data backup atau merupakan fitur pengenalan virus yang terintegrasi di dalam software.
Kategori Defragmenter. Fungsi software-software ini adalah untuk menata lokasi file di fisik cakram hardisk, sehingga head hardisk bergerak secara teratur ketika terjadi pembacaan data. Ini akan menghemat konsumsi listrik, meningkatkan kinerja komputer, mengurangi potensi kerusakan data, dan memperpanjang usia pakai harddisk walau tidak signifikan. Toptenreviews.com menulis bahwa software ini sudah ada sejak zaman MS-DOS dan selalu terdapat pada utiliti bawaan semua versi Windows sampai sekarang. Fitur ini pun kadang dapat ditemukan sebagai bagian dari fitur sebuah software system utilities, namun seringkali terjadi lacking dibanding software standalone, sehingga menjadi kurang powerfull. Inilah alasan mengapa sebagian orang memilih software defragmenter standalone. Untuk melihat hasil test perbandingan di kategori ini, silahkan klik di sini.
  • Diskeeper. Diskeeper keluar sebagai pemenang dalam kategori ini.
  • PerffectDisk Pro. Software ini hanya terpaut masalah harga dari sang jawara.
  • O&O Defrag. Hanya minus fitur proses log, software ini akhirnya hanya menduduki posisi tiga tapi masih sangat layak untuk menjadi pilihan.
Kategori Disk Imaging. Dalam benak saya terbayang disk imaging sebagai virtual disk, tapi ternyata virtual disk hanya satu dari sekian fitur yang ditawarkan. Toptenreviews.com juga menjelaskan bahwa software ini berbeda dengan software backup namun fitur utamanya berkaitan dengan backup & restore. Katanya software ini sanggup mengkloning disk drive dari data, sistem operasi, hingga aplikasi. Apapun itu yang jelas sudah ada software terbaik di kategori ini. Untuk melihat hasil test perbandingan di kategori ini, silahkan klik di sini.
  • Acronis True Image. Ini adalah software terbaik dalam kategori ini, mendukung seluruh parameter penilaian yang digunakan oleh toptenreviews.com.
  • Paragon Backup and Recovery. Dibanding dengan pemegang tampuk predikat terbaik, software ini hanya minus fitur Multicast Deployment dalam masalah recovery & restore. Kekurangan itu dikompensasi dengan harga yang lebih murah.
Kategri Disk Recovery. Software-software ini berfungsi untuk memulihkan data-data yang terhapus, terformat, format file rusak, atau partisi rusak yang terdapat pada media penyimpanan, dan bisa pula akibat media penyimpanannya yang bermasalah seperti aus atau rusak. Empat software berikut menempati posisi terbaik, satu-satunya yang membedakan adalah harga. Saya tidak tahu pasti mengenai simbol dollar ($) pada tabel, saya mengartikannya sebagai biaya tambahan untuk mendapatkan fasilitas pada tebel tersebut. Untuk melihat hasil test perbandingan di kategori ini, silahkan klik di sini.
  • Stellar Phoenix Click Here. Butuh biaya tambahan untuk mendapatkan dukungan fasilitas memulihkan demage sectors dan hardisk RAID, fasilitas recovery unbootable hard drive dan disk imaging, serta layanan network recovery.
  • R-Studio. Harga termahal dan fasilitas lengkap, namun tidak ada biaya tambahan.
  • R-Undelete. Ada biaya tambahan untuk melengkapinya dengan fasilitas Recovery Hardisk RAID dan Network Recovery.
  • Active@Undelete. Dikenakan biaya tambahan untuk melengkapinya dengan fasilitas  recovery hardisk RAID, Unbootable Hard Drive dan Network Recovery.
Kategori File Compression. Software-software ini berfungsi mengkompress file sehingga ukurannya bisa lebih kecil lagi dari ukuran defaultnya, disamping juga berfungsi sebagai pengaman dari program-program predator yang dapat merusak file. Untuk melihat hasil test perbandingannya, silahkan klik di sini.
  • BitZipper. Software ini sanggup membaca seluruh format file kompressi namun terbatas dalam melakukan kompresi ke format RAR dan 7z.
  • System Navigator. Software ini sanggup melakukan kompresi ke seluruh format kecuali RAR dan terbatas dalam membaca format IMG.
  • WinRAR. Hanya software ini yang sanggup melakukan kompresi ke format RAR namun tidak dapat melakukannya untuk format lain kecuali ZIP dan tidak mampu membaca format IMG.
  • WinZip. Software ini sanggup membaca seluruh format file kompressi namun hanya mampu melakukan kompresi ke format ZIP, BZ2, dan LHA/LZH.
Kategori Home Network. Kalo kita menguasai fitur yang ditawarkan oleh sistem operasi mungkin software ini tidak diperlukan. Saya menganggap bahwa software ini hanya untuk mempermudah mereka yang awam soal komputer dan jaringan dalam melakukan konfigurasi komputer. Untuk melihat ulasan dan hasil test perbandingannya, silahkan klik di sini.
  • Sagemcom NetGuru. Software ini sudah paling murah, paling komplit lagi, sehingga tidak ada pilihan lain.
Kategori Parental Control. Software ini digunakan untuk membatasi anak (atau orang lain) dalam mengakses komputer dan internet, sehingga para orangtua atau kita tidak perlu mengkhawatirkan mereka mengakses situs atau informasi terlarang. Atau guna membatasi anak bermain game berlebihan di komputer. Untuk melihat hasil test perbandingannya, silahkan klik di sini.
  • KidsWatch Time Management. Software ini memenuhi seluruh parameter penilaian yang diajukan toptenreviews.com. Kinerja powerfull membuat saingannya yang lain tertinggal jauh.
Kategori Partition Manager. Setiap sistem operasi memiliki utilities bawaan untuk menangani masalah partisi, namun seringkali terbatas. Software-software berikut sanggup menangani misalnya seperti merubah ukuran partisi, menyatukan partisi dan membuat partisi baru, tanpa harus kehilangan data. Untuk melihat hasil test perbandingannya, silahkan klik di sini.
  • Paragon Hardisk Manager. Software ini kelaur sebagai pemenang.
  • Easeus Partition Master. Hanya kurang masalah backup to various storage akhirnya menempatkannya pada posisi dua.
Kategori PC Backup. Banyaknya kategori backup yang dibuat toptenreviews membuat saya bingung untuk membedakan keutamaannya satu sama lain. Untuk melihat hasil test perbandingan dan penjelasannya silahkan klik di sini.
  • NovaBackup. Software ini merajai untuk kategori ini dengan memenuhi seluruh kriteria dari tontenreviews.com
  • DT Utilities PC Backup. Sama seperti sang jawara, software ini hanya kurang support Windows 7 dan Windows 8.
  • Backup4all. Software ini cuma kurang di capabilitas untuk music file, document file dan email backup, disamping masalah kompabilitas virus scanning.
  • Genie Backup Manager. Sama seperti sang jawara, hanya saja kurang di masalah kompabilitas virus scanning.
  • Acronis True Image. Persis sama dengan Genie Backup Manager, termasuk dua software berikutnya di bawah ini.
  • Bullguard Backup.
  • Turbo Backup.
Kategori PC Migration. Saya kurang mengerti dengan kemudahan yang ditawarkan software ini, mungkin saja kemudahannya berupa driver dan aplikasi yang tidak perlu lagi di instal ulang. Tapi saya lebih suka menginsatll ulang. Untuk melihat hasil test perbandingannya, silahkan klik di sini.
  • PCmover. Seperti biasa sang pemenang memenuhi seluruh parameter penilaian.
  • Zinstall WinWin. Demikian pula software ini mengikuti jejak sang juara kecuali mengenai migrasi From Windows 2000 dan Windows 98.
Kategori Registry Cleaner. Seringkali gonta-ganti software berakibat pada banyaknya jejak registry yang tersisa di sistem komputer sehingga dapat berakibat pada konflik atau rusaknya beberapa file registry yang dapat memperlambat kinerja sistem, bahkan dapat membuat sistem crash. Software-software berikut ini di desain untuk membersihkan registry-registry yang sudah tidak terpakai atau memperbaiki registry yang bermasalah. Dan dan ada garansi uang kembali. Untuk melihat hasil test perbandingannya, silahkan klik di sini.
  • Registry Reviver. Software ini memenangi kategori ini.
  • PC Tools Registry Mechanic. Minus fasilitas yang kurang penting yaitu startup manager.
  • Uniblue Registry Booster. Minus fungsi sepele Close after repair dan Run on startup.
Kategori Remote Desktop. Kita bisa membayangkan fungsi suatu produk dari namanya. Seperti Remote Desktop, yang terbayang bagai saya adalah mengendalikan Desktop dari jarak jauh via network. Tapi toptenreviews.com punya penjelasan lain. Software ini bertindak sebagai pengganti sistem CSR atau PR (Public Relations) pada suatu perusahaan untuk menangani aduan atau keluhan pelanggan tentang layanan yang anda berikan dengan meminta izin melakukan remote ke komputer nasabah. Saya kurang mengerti masalah dan cara seperti ini. Untuk menyimak hasil test perbandingannya, silahkan klik di sini.
  • Netviewer Support. Sekalipun keluar sebagai pemenang software ini masih mempunyai keterbatasan dalam SmarthPhone Access dan Unattended Support.
  • LogMeIn Rescue. Software ini seharusnya menempati posisi lebih tinggi karena memiliki fitur yang tidak di dukung oleh pemenang, namun masih minus masalah Webcam capability dan Remote Audio.
  • WebEx Remote Support. Software ini hanya terpaut masalah belum mendukung integrated campany logo (sesuatu yang tidak terlalu penting) dan belum kompetibel dengan Windows 8. Nama besar Cisco dibelakangnya mungkin bisa menjadi pertimbangan.
Kategori Remote PC Access. Software-software ini berfungsi untuk mengakses dan mengendalikan PC dari jarak jauh, bisa melalui local network dan juga internet. Namun tidak ada yang menawarkan fungsi music streaming (sekalipun gak penting) seperti yang ditawarkan Remote PC. Untuk menyimak hasil test perbandingannya, silahkan klik di sini.
  • GoToMyPC. Walau keluar sebagai pemenang software ini minus remote access capability untuk iPhone.
  • LogMeIn. Berbeda dengan pemenang software ini minus remote access capability untuk Windows Mobile. Kelebihan lainnya software ini telah mendukung sistem operasi Linux.
  • WebEx PCNow. Untuk urusan remote access capability software ini mendukung seluruhnya, namun masih terpaut masalah belum mendukung fasilitas share clipboard dan kompatibel Windows 8.
Kategori Screen Capture. Untuk merekam tampilan yang ada di layar (snapshot) cukup tekan tombol print screen lalu paste pada image editor atau tek editor yang mendukung image. Tetapi cara tradisional ini terkadang kurang praktis dan powerfull, misalnya kita hanya ingin merekam bagian tertentu dari layar, atau kita ingin bentuknya tidak persegi melainkan oval atau polygon, dan banyak lagi. Software-software ini akan menanganinya secara cepat dan mudah, bahkan ada yang dilengkapi fasilitas editing. Untuk melihat hasil test perbandingannya, silahkan klik di sini.
  • Snagit. Software ini memenuhi seluruh parameter toptenreviews.com.
  • Ashampoo Snap. Fiturnya sama dengan software pemenang dengan harga yang lebih murah, cukup mengherankan jika berada pada posisi empat.
  • ScreenHunter Pro. Software ini minus dukungan Batch Convert, Print in Multiple, dan FTP. Suatu kekurangan yang masih bisa dimaafkan karena fitur tersebut terkesan berlebihan tapi terkadang cukup membantu.
  • HyperSnap. Software ini hanya tidak mendukung Polygon Capture, sebuah parameter yang penting dan menentukan.
Kategori Screen Reader. Awalnya saya berfikir software-software ini adalah OCR (Optical Chararter Recognation) tapi setelah melihat parameter-parameter penilaian yang digunakan saya berfikir ini adalah software-software Voice Recognation. Setelah saya baca penjelasannya, ternyata ini adalah software yang akan membacakan teks kepada kita dan sangat berguna untuk mereka yang mengalami tuna netra, dan bisa juga sekedar ingin menyimak buku melalui suara. Sebaliknya kita juga dapat mengoperasikan komputer malalui perintah suara. Untuk melihat hasil test perbandingannya, silahkan klik di sini.
  • JAWS. Software ini mendukung seluruh jenis teks digital. Tapi masih belum support echo word, read mouse over, dan screen zoom.
  • Supernova Screen Reader. Software ini belum mendukung beberapa format ebook disamping masih belum mendukung pronounciation correction, read mouse over, dan screen zoom.
  • Window Eyes. Sama seperti pemenang kedua, hanya saja software ini belum mendukung format ebook yang lebih banyak akan tetapi telah mendukung read mouse over.
Kategori Server Backup. Persaingan di kategori ini terbilang ketat karena hampir semua software rata-rata hampir memenuhi seluruh parameter penilaian. Untuk melihat hasil test perbandingannya, silahkan klik di sini.
  • Symantec. Lagi-lagi pemengan kali ini memenuhi seluruh parameter penilaian.
  • Acronis. Sang runner up ini hanya kalah di Managed Service Providers.
  • EaseUS. Sebenarnya software ini menduduki posisi enam. Berhubung di kelas server lebih banyak yang menggunakan sistem operasi berbasis unix (termasuk linux) saya mengapresiasinya karena fitur lainnya kurang lebih sama dengan sang pemenang.
  • Vembu. Software ini sebenarnya memiliki fitur yang sama dengan pemenang hanya saja tidak menyertakan dukungan untuk media penyimpanan tape drives, padahal ini cukup penting dalam dunia backup.
Kategori Sync. Saya tidak tahu pasti kegunaan software ini, tapi menurut penjelasan toptenreviews.com, software ini berfungsi untuk melakukan sinkronisasi ketika kita menggunakan banyak komputer. Yang jelas untuk menyimak hasil test perbandingan beserta penjelasannya, silahkan klik di sini.
  • GoodSync. Software ini melejit jauh meninggalkan rival-rivalnya dalam hal kelengkapan fitur, sehingga saya tidak perlu lagi untuk memilih yang lain.
Kategori System Repair. Misalnya kita seringkali bongkar pasang aplikasi sehingga mengakibatkan konflik dalam sistem, atau komputer bekas terjangkit virus sehingga banyak shortcut kosong bertebaran karena penanganan antivirus yang kurang sempurna, atau kita ingin melakukan pembersihan cookies secara cepat dan mudah, dan sebagainya. Software-software ini menawarkan solusinya. Untuk melihat hasil test perbandingannya, silahkan klik di sini.
  • System Mechanic Professional. Dari seluruh parameter penilaian, hanya IP Scanner yang belum didukung.
  • Avanguest SystemSuite. Sebenarnya software ini lumayan jauh tertinggal dari sang pemenang, tapi setidaknya bisa menjadi pelengkap karena telah mendukung IP Scanner.
Kategori Uninstaller. Para pengembang software adakalanya berupaya memanipulasi mekanisme uninsalller yang ada pada sistem operasi atas dasar tujuan tertentu, dan fasilitas uninstaller yang disertakan tidak menghapus bersih file-file software mereka. Ini pada akhirnya memicu inisiatif pihak ketiga untuk mengembangkan software yang dapat menguninstall aplikasi komputer secara tuntas dan bersih. Untuk melihat hasil test perbandingan dan ulasan selanjutnya, silahkan klik di sini.
  • Revo Uninstaller Pro. Software ini keluar sebagai juara.
  • Ashampoo Uninstaller. Hanya terpaut fitur drag an drop uninstaller dari sang juara.
Kategori Windows Backup. Ini adalah yang keempat untuk kategori backup, sepertinya toptenreviews berlebihan untuk kategori ini, tapi entahlah. Untuk melihat ulasan dan hasil test perbandingannya silahkan klik di sini.
  • NovaBACKUP. Untuk urusan backup lagi-lagi software ini juaranya meskipun tanpa fitur SFTP dan Command Line.
  • Backup4All. Meskipun runner up, software ini memenuhi seluruh parameter penilaian.
Kategori Windows Emulator. Awalnya saya menduga kategori ini akan melingkupi software semacam PlayStation emulator namun ternyata yang dimaksudkan adalah untuk software seperti Virtual PC. Untuk mebaca ulasan lebih lanjut dan melihat hasil test perbandingannya, silahkan klik di sini.
  • Parallels. Software ini seharusnya runner up karena harga yang lebih mahal, sementara fitur berimbang dengan runner up. Fiturnya minus di time machine compatible backup.
  • VMware Fusion. Software ini ungul mendukung time machine compatible backup, namun minus di Accessible via mobile.
Kategori Remote Windows AccesMisalnya kita punya banyak cabang perusahaan, tiap-tiap cabang memiliki satu unit komputer sebagai sentral informasi. Komputer-komputer itu bisa kita berdayakan dari suatu tempat untuk memantau kinerja masing-masing cabang perusahaan dari jarak jauh melalui jaringan internet dengan menggunakan software remote. Ini akan sangat membantu dan menyederhanakan pekerjaan kita. untuk melihat hasil test perbandingan dan ulasan selanjutnya, silahkan klik di sini.
  • LogMeIn. Seharusnya software ini pemenangnya, karena memenuhi seluruh parameter penilaian kecuali dukungannya untuk Linux.
  • GoToMyPC. Software ini support Linux tetapi minus dukungan untuk Webcam Control, Folder Protection, dan iPhone Compatibility.
  • WebEX PCNow. Tanpa dukungan Linux dan background log in software ini sama dengan LogMeIn.
Kategori Windows Server Backup. Software-software berikut ini khusus untuk keperluan backup di platform Windows Server. Untuk melihat hasil test perbandingannya silahkan klik di sini.
  • NovaBACKUP Server. Sebagai pemenang software ini memenuhi seluruh kriteria penilaian.
  • EaseUS Todo Backup Server. Saya lebih suka software ini berada pada posisi kedua, karena minus dukungan Storage Area Network (SAN) dan Online Storage Service.
  • BackupAsist. Software ini mendukung seluruh media penyimpanan, namun tidak pada fitur Preboot Execution Environment (PXE) dan Remote Restore.

No comments: