ViralGen Referral Shopping

Thursday, June 27, 2013

Sekelumit Tentang SEO

SEO (Search Engine Optimization) adalah upaya seorang webmaster (termasuk blogger) untuk mengerahkan segala sumberdaya situsnya atau blognya agar terindeks secara maksimal oleh suatu search engine (mesin pencari) dengan tujuan agar mendapatkan pengunjung ke situs (termasuk blog) mereka dari search engine.

Search engine terkadang menghasilkan pencarian dalam jumlah ratusan, ribuan, bahkan bisa sampai jutaan untuk kata kunci tertentu, lalu membagi hasil pencariannya dalam per 10, 25, 50, atau 100 per halaman. Situs yang menduduki peringkat 200 dalam hasil pencarian misalnya, tentu akan kecil peluangnya untuk segera dilirik oleh pengguna search engine karena berada pada halaman ke 8 (hasil 25 per halaman). Untuk mendapatkan peluang terbesar kunjungan dari pengguna search engine, para webmaster mengupayakan agar hasil pencarian suatu search engine menempatkan alamat (Link URL) situs mereka pada posisi teratas atau setidaknya menempati halaman pertama hasil pencarian.

Dalam praktek SEO dibedakan menjadi On Page dan Off Page.SEO On Page adalah upaya pengoptimalan suatu halaman web meliputi perubahan meta title,  meta deskription, meta keyword, meta robot, pemasangan sitemap google, pemasangan google verification meta code atau google analitycs, optimasi img alt tag, pengecekan broken link website, update konten website, dan sebagainya. Sementara, SEO Off Page adalah upaya mempromosikan suatu halan web di internet meliputi mencari sejumlah backlink tertentu pada website seperti pada social bookmarking, social networking, web directory, artikel directory, forum, dan blog lainnya.

Untuk melakukan ini seorang webmaster harus mengetahui cara kerja suatu search engine dalam memeringkat hasil pencariannya. Dalam melakukan SEO ada kalangan yang melakukan cara-cara kurang beretika untuk merebut ranking di mesin pencari sehingga muncul pengkategorian White Hat SEO dan Black Hat SEO.  White Hat SEO atau juga dikenal dengan nama natural SEO adalah orang yang melakukan teknik SEO fokus pada kaidah-kaidah cara kerja mesin pencari tanpa memanipulasi sesuatupun seperti spamming keyword dan menyebar link secara tidak wajar sehingga mesin pencari tidak bekerja secara wajar. Sebaliknya Black Hat SEO adalah mereka yang tidak mempedulikan apakah mesin pencari terpedaya atau tidak dengan cara-cara yang diterapkannya, selama itu dapat meningkatkan ranking hasil pencarian akan mereka lakukan. 

Seperti Page CloakingPage cloaking adalah teknik memanipulasi sebuah halaman agar terlihat berbeda di mata search engine sehingga menempati urutan teratas di Google. Biasanya halaman ini bukan dibuat untuk pengakses internet melainkan untuk Google dengan meletakkan banyak keyword di halaman body website kemudian memasukkan banyak keyword pada bagian img alt tag dan membuat link ke sebuah halaman khusus Google yang diisi banyak keyword juga. 


Untungnya penyelenggara search engine mengantisipasi tindakan yang kurang etis ini dengan mengembangkan sistem penalti terhadap situs yang dianggap melakukan upaya mengelabui mesin pencari. Ini terlihat dengan rilis yang dilakukan Google denan mengeluarkan versi penguin yang kemudian disusul versi Panda 2.o. 
Update ini merupakan algoritma terbaru google yang menilai website dari segi Apakah optimasi website tersebut dilakukan secara berlebihan atau tidak. Jika optimasi website dinilai berlebihan maka akan dipenalti oleh Google, misalnya website yang menggunakan sofware pencari backlink otomatis, akan kena penalty. Sekalipun algoritma yang diterapkan ini masih belum optimal karena ada beberapa yang melakukan Black Hat SEO justru naik ke posisi yang lebih tinggi ketika update diterapkan.

Berikut beberapa tips SEO yang bisa diikuti antara lain :
  • Rajin update konten website untuk memperkuat pondasi SEO On Page.
  • Jangan over mencari backlink di situs lain.
  • Buat variasi keyword atau menggunakan long tail keyword untuk membangun backlink agar tidak kena penalty.
  • Jangan fokus membuat backlink ke situs utama saja, melainkan ke postingan atau page yang lain akan membantu menaikkan pagerank website dan mencegah Google update.
  • Buat dummy blog untuk memperkuat pondasi website anda dengan membuat konten unik dan berkualitas.
Sumber :
http://klinikseo.blogspot.com, Di akses 25 Juni 2013, di post 26 Desember 2012.

No comments: