ViralGen Referral Shopping

Wednesday, June 19, 2013

Mengenal Commission Junction

Affiliate Marketing merupakan salah satu program Internet Marketing yang dijalankan untuk menjalin kerjasama antara merchant dan pemilik web/blog. Pemilik web/blog kemudian akan mempromosikan produk-produk si merchant melalui web/blog-nya. Jika produk yang dipromosikan tersebut terjual, maka merchant akan memberikan komisi kepada pemilik web/blog tersebut.


Commission Junction (CJ) merupakan affiliate network terbesar saat ini. Banyak merchant-merchant di seluruh dunia yang tergabung di dalam networknya CJ. Dengan mendaftar ke CJ, maka kita mempunyai kesempatan untuk dapat mendaftar kepada merchant-merchant yang ada. Banyak sekali kategori merchant/produk yang tersedia di CJ, sehingga kita akan dengan mudah menemukan produk yang sesuai dengan web/blog kita.

Data-data statistik yang berhubungan dengan performa merchant disediakan di CJ. Selain itu ditampilkan juga berapa persen atau besarnya komisi yang disediakan oleh masing-masing merchant. Hal ini membuat kita dengan mudah memilih merchant yang memiliki performa yang bagus, sehingga memperbesar peluang kita untuk mendapatkan komisi.

Fasilitas untuk tracking / pelacakan guna melacak seluruh kampanye/campaign yang kita jalankan juga cukup memadai. kita dapat melacak web/blog mana yang menghasilkan penjualan, bahkan sampai ke setiap banner/iklan mana yang menghasilkan penjualan tersebut.

Proses pembayaran komisi dilakukan dengan cara pengiriman cek, setelah semua data transaksi dinyatakan valid. CJ menetapkan periode tertentu bagi merchant untuk melakukan validasi atas transaksi yang sudah terjadi. Setelah itu maka komisi akan dikirimkan kepada kita.

Jangan lupa untuk mengisi formulir tax W8-BEN, ini guna menyatakan bahwa kita adalah warga non-US. Jika tidak mengisinya, maka setiap pendapatan kita akan terkena potongan sebesar 30%. Isi, print, tkita tangan, scan ke pdf dan kirim ke taxforms(at)cj.com.

Sumber:

No comments: