ViralGen Referral Shopping

Friday, June 21, 2013

Monetisasi Blog

Mencari Iklan secara Langsung

Seperti halnya media masa lainnya, blog kita juga dapat dipasangi iklan dari para sponsor yang memiliki produk untuk di iklankan. Cara mendapatkan sponsornya adalah dengan cara mengunjungi situs-situs atau web blog yang memiliki produk sendiri untuk dijual. Selanjutnya kita cari kontak mereka, karena setiap blog yang menjual produk pasti memiliki contact person. Catat kontak yang ada di web blog mereka seperti email, nomor handphone, Yahoo Messenger, dan juga Pin BB apabila ada. Setelah mendapatkan kontak mereka tawarkan blog kita kepada mereka dengan cara memberikan data yang lengkap seputar web blog yang kita miliki seperti jumlah pengunjung, alexa rank, dan juga pagerank.


Pay Per Click (PPC)

Cara ini merupakan salah satu alternatif tercepat untuk mendapatkan uang dari blog, karena kita tidak perlu susah payah mencari sponsor iklan untuk situs kita. Dengan mengikuti program PPC () kita akan mendapatkan kiriman iklan secara langsung dari broker iklan. Daftar broker iklan di Indonesia yang dapat kita ikuti diantaranya: IDBlogNetwork, KlikSaya, KumpulBlogger, AdsenseCamp, Sitti, dsb. Setelah kita mendaftar di salah satu Broker iklan diatas, kita akan mendapatkan script untuk dipasang di blog yang nantinya broker akan langsung mengirimkannya ke script tersebut.

Paid To Review

Ini adalah sebuah program dimana kita akan dibayar setiap kita disuruh mengerjakan sebuah review di blog kita sendiri. Harga per Review nya pun berpariasi biasanya bisa mencapai Rp 600.000 – Rp 2.000.000 tergantung program apa yang kita ikuti. Program Review yang bisa kita ikuti adalah Program Paid to Review seperti SponsoredReviews.com, ReviewMe, Blogsvertise, BuyBlogReviews.com. dan yang lokal adalah Idblognetwork.com.

Affiliate Program

Ini adalah program dimana kita akan mendapatkan komisi penjualan jika kita bisa menjual produk orang, biasa komisi yang diberikan adalah 50% dari nilai jual namun biasa bisa lebih bahkan kurang dari itu tergantung program yang kita ikutin. Nah untuk mendapatkan penjualan kita bisa mereview produk Afilasi yang kita jual di blog kita serta bisa memasng baner baner produk Afilasi di Blog kita. Berikut contoh-contoh program affiliasi seperti Google Affiliate, Amazon Associates, ClickBank, Commission Junction, Affiliate Fuel dan masih banyak yang lainnya atau kita dapat mencari program Affliasi yang Lokal/domestik.

ShortURL

Cara ini juga terbilang mudah, karena kita cukup mendaftar di situs shortener url seperti Adf, kita akan dibayar oleh Adf apabila url yang kita pendekan dikunjungi oleh orang lain. Jadi, supaya url kita dikunjungi oleh orang lain. Kita harus share url tersebut ditempat yang banyak pengunjungnya seperti Facebook, Twitter, dan juga jejaringan sosial lainnya.

No comments: