ViralGen Referral Shopping

Tuesday, June 18, 2013

Mencairkan Cek dari Commission Junction

Cek dari Commission Junction yang datang via Pos gak kena charge tambahan seperti biaya pengiriman yang biasa terjadi pada FeedEx. Cek diterbitkan oleh Wells Fargo Bank N.A.Diluar dugaan, CJ tetap membayar kita, walaupun akun kita telah dihapus oleh pihak admin CJ karena kesalahan tertentu.

Pencairan cek CJ di BRI

Harus memiliki rekening BRI. Dengan Rp. 250.000,- sudah bisa membuka tabungan BRITama plus ATM. Proses paling cepat 2 minggu, paling lambat 2 bulan. Bank yang mengirim cek dari CJ, bekerja sama dengan pihak BRI. Tidak harus memiliki rekening lama. buat saat mencairkan cek juga bisa.

Tanda tangan diatas materai 6000 pada belakang cek. Pihak BRI akan mengirimkan cek tersebut ke BRI Pusat di Jakarta. Setelah itu, pihak BRI Pusat akan melakukan konfirmasi dan juga pengecekan tentang pengiriman cek dari CJ. Setelah valid data dari pihak Bank pengirim cek tersebut, maka pihak BRI akan mengirimkan uang hasil pencairan cek tersebut ke rekening kita. Tentu saja dengan potongan mungkin sekitar $30. Setelah menunggu selama sekitar 30 hari lebih, akhirnya uang hasil pencairan dari cek CJ masuk ke rekening BRI kita. 

Pencairan cek CJ pada CIMB Niaga

Biasanya CIMB Niaga adalah pilihan untuk urusan pencairan cek dari bisnis online, layanan Inkaso Valasnya gak ribet -- layanan pencairan cek internasional semacam dari Wells Fargo dinamakan layanan inkaso valas (info dari mbak CSnya CIMB Niaga). 

Prosedurnya harus membawa foto copy KTP atau ID card yang ALAMATNYA HARUS SAMA dengan alamat yang tertera pada cek tersebut, kemudian isi form yang disediakan. Di tabungan CIMB Niaga harus ada saldo paling tidak Rp 200.000,- atau Rp 300.000,-, karena biaya Inkaso Valas akan langsung didebet dari rekening ini. Berikut contoh laporan transaksi di CIMB Click : 

SA MISC CHARGES
Charges INK BY INKASO LN WELLS FARGO BANK 293826
Debet (IDR): 92.030,00

Biaya Inkaso valas sebesar Rp 92.030,- itu tergantung nilai kurs USD vs IDR saat itu. Rate chargenya sekitar $10. Nah setelah isi form, bayar materai Rp 6000,- (bisa bawa materai sendiri), jangan lupa tanda tangan dibalik cek tersebut (tanda tangan 2 kali). Di Bank Mandiri dan BRI, malah gak mengenali cek dari Wells Fargo Bank, dan CSnya harus tanya-tanya dulu ke atasannya. Untuk proses pencairan cek dari CJ.Com di CIMB Niaga membutuhkan waktu, paling tidak satu bulan. Berikut contoh laporan transaksi dana yang masuk: 

SA CR GL DR INKASO VALAS
CEK:293826 USD299.30

Pencairan cek CJ di Bank lainnya

Mulai dari Bank Mandiri (bisa, namun paling cepat 1,5 bulan, dan paling lambat 2 bulan, dengan syarat memiliki rekening Mandiri), Bank Niaga (tidak bisa, karena bank yang mengirimkan cek CJ tidak bekerja sama denga bank ini. Selain itu, syarat lain adalah harus memiliki rekening minimal 1 tahun), BCA (bisa, namun harus memiliki rekening dollar. Cukup merepotkan).

Note :
Sebagai catatan, walaupun akun kita telah dihapus oleh pihak CJ, namun kita masih bisa membuat akun di CJ lagi dengan menggunakan email lain, namun dengan data valid saya sesuai KTP dan juga seperti pada akun lama yang telah dihapus.


No comments: