ViralGen Referral Shopping

Saturday, June 15, 2013

Bisnis Online

Bisnis Online adalah bisnis yang bisa dikerjakan hanya dengan cara online. Bisa dikerjakan hanya secara online bukan berarti menutup kemungkinan dilaksanakan juga secara offline. Dengan kata lain bisnis utamanya adalah online. Jadi bisnis yang dasarnya adalah offline namun memanfaatkan online sebagai media untuk menjangkau pasar yang lebih luas tidak termasuk dalam kategori bisnis online.


Misalnya Bhineka.com, layanan bisnis di situs ini tidak termasuk dalam kategori bisnis online karena tidak dapat dilaksanakan hanya secara online. Bisnis di Bhineka.com mengharuskan adanya jasa pengiriman barang (offline). Ini sama saja kita misalnya punya langganan di Surabaya dan minta ke mereka agar segera mengirim barang-barang tertentu untuk memenuhi stok karena barang laku keras dan stock barang sedang kosong. Sementara fasilitas akses online hanya bertindak sebagai pengganti browser penawaran atau katalog barang, dan email sebagai pengganti telepon dan surat.

Bisnis MLM juga tidak dapat dikatakan sebagai bisnis online, karena bisnis ini sebenarnya hanya akal-akalan sebuah sistem penipuan. Prinsip kerjanya seakar dengan arisan surat. Pada arisan surat tidak diperlukan adanya suatu barang/jasa untuk jalanya sistem ini. Di sistem MLM barang/jasa hanya dijadikan sebagai alasan klise untuk melaksanakan arisan surat gaya baru ini. Yang pasti MLM dan arisan online berbentuk piramida uang tidak bisa dipercaya. Kalaupun kita mendapatkan untung dari proses itu, ada puluhan, ratusan atau bahkan ribuan orang dibawah root kita yang kita rugikan. 

Bisnis online sekarang sedang digandrungi banyak orang, karena modalnya relatif kecil, kita hanya perlu biaya untuk domain, hosting dan situs web. Bahkan bisa kita gunakan layanan web atau blog gratisan dulu untuk memulai bisnis kita dari kecil. Yang paling penting di bisnis ini adalah IDE dalam membangun situs web atau blog beserta kontennya. Situs web atau blog yang kita bangun harus unik, anti kerumunan (belum banyak dikerjakan orang lain), dan harus bisa menarik pengguna internet untuk mengunjunginya. Dengan kata lain, kita harus bisa membuat situs yang memilik traffic tinggi, karena disinilah kekuatan bisnis Internet jenis ini. Semakin tinggi traffic situs kita, semakin tinggi pendapatan yang kita terima karena semakin banyak pemasang iklan yang mau memasang iklan di tempat kita.

Di Amerika, ada Joel Comm, pengarang buku Adsense Secrets yang bisa mendapatkan rata-rata 500 USD perhari atau Ken Calhoun yang bisa mendapatkan 300.000 USD pertahun dengan situsnya DayTradingUniversity.Com. Perlu kita ingat bahwa situs-situs besar semacam Friendster.Com juga hidup dari bisnis menjadi publisher iklan ini. Bagaimana dengan Indonesia? Ada nama-nama besar seperti Cosa Aranda yang kabarnya memiliki penghasilan lebih dari 5000 USD perbulan dari bisnis menjadi publisher iklan di Internet. Ok apa saja jenis bisnis publisher iklan di Internet ini?

Bagaimana dengan bisnis Internet yang lain? Silahkan bacaP Jenis-jenis Bisnis Online.
1. PPC
2. Affiliate atau PPS
3. PPL
4. PTR
5. PPA

(Sorry, masih perlu di perbaharui)

Sumber
Dikutip dari http://romisatriawahono.net, artikel ditulis tahun 2006.

No comments: