ViralGen Referral Shopping

Friday, June 21, 2013

Cara Mendaftar Program Affiliasi

Program Afiliasi dapat diibaratkan sebagai makelar di dunia internet. Program afiliasi adalah sebuah bentuk kerjasama antara sebuah perusahaan yang menjual produk atau jasanya secara online dengan pemilik blog atau situs. Para pemilik blog atau situs akan memasang banner iklan atau link informasi produk yang dijual oleh perusahaan tersebut, dan bila ada pengunjung situs yang mengklik link atau banner iklan tersebut dan melakukan transaksi pembelian secara online, maka pemilik situs akan mendapatkan komisi penjualan sekian persen.


Di dunia, ada ratusan pilihan program Afiliasi Marketing, baik yang skala lokal maupun internasional, namun yang paling cukup populer adalah Amazon, Commission Junction, LinkShare, Dynamic Trade, dan Agoda.

Bagaimana cara memulai bergabung dalam program afiliasi di internet ?

Buat Situs / Blog

Yang pertama, kita harus memiliki alamat situs atau blog tempat menulis artikel dan juga memasang banner iklan afiliasi. Untuk membuat suatu alamat situs blog , bisa secara berbayar atau pun gratis. kita bisa memiliki blog gratis di www.blogger.com atau www.wordpress.com. Situs ini (kerjausaha.com) juga awalnya adalah gratisan.

Dengan mempunyai artikel yang banyak pada blog, tentu akan dapat mendatangkan trafik kunjungan yang banyak dari mesin pencari seperti Google dan Bing. Semakin banyak orang berkunjung ke situs kita untuk melihat informasi yang mereka cari, maka semakin besar pula peluang link/banner iklan afilasi yang diklik kemudian melakukan transaksi. Dengan begitu, jumlah komisi yang diperoleh tentu semakin banyak juga. Hal tersebut merupakan kunci sukses dalam bisnis afiliasi di internet.

Tulis Artikel Sebanyak-banyaknya

Tulislah judul artikel sebanyak-banyaknya. Artikel-artikel yang ditulis hendaknya dalam satu tema, misalnya tentang teknologi, kuliner, otomotif, fashion, trevelling dan sebagainya. Jika perlu tema dipersempit lagi dalam satu niche, misalnya artikel-artikel bertema teknologi dengan niche tentang handphone. Ada baiknya artikel-artikel (konten) ditulis dalam bahasa Inggris, karena belum banyak afiliasi yang mendukung bahasa Indonesia, dan juga transaksi lewat internet di Indonesia masih rendah.

Lakukan Optimisasi blog

Lakukan berbagai optimisasi agar blog kita mendapatkan kunjungan yang banyak (trafik tinggi), misalnya dengan melakukan backlink dan kampanye di jejaring sosial.

Pilih dan Daftarkan blog kita

Setelah mendapatkan trafik yang tinggi, maka daftarkan blog kita di situs program afiliasi yang kita pilih, misalnya : amazon.com, agoda.com, clickbank.com, classesusa.com, www.cj.com, clickconversion.net, hostmonster.com, dan banyak lagi. Pilihlah yang sesuai dengan kriteria dan persyaratan yang cocok dengan kita.

Pasang Script Iklan

Setelah blog kita diterima, segera pasang script link/banner iklan untuk mulai memonetisasi blog kita. Pilihlah iklan yang sesuai dengan isi blog kita. Kemudian, lakukan terus memposting artikel-artikel yang menarik dan terkait untuk semakin memperbesar jumlah pengunjung ke situs kita. Jika program afiliasi yang kita ikuti tidak menunjukkan performa yang baik, maka ganti dengan program afiliasi yang lain atau program periklanan yang bukan berbasis komisi, seperti google adsense, media.net, sitti.com dan sebagainya.

No comments: