ViralGen Referral Shopping

Friday, June 21, 2013

Jenis-jenis Bisnis Online

Pada program jaringan periklanan di internet terdapat beberapa metode yang digunakan untuk Publisher (pihak yang menayangkan iklan sponsor). Beberapa metode yang umumnya digunakan yaitu :


Pay Per Click (PPC)

PPC (Pay Per Click) yaitu metode dimana anda akan dibayar setiap ada iklan yang diklik oleh pengunjung. Sehingga, semakin sering iklan anda diklik oleh pengunjung, maka penghasilan anda pun akan semakin besar.

Terbesar : Google Adsense. PPC Lain : Chitika.com, Clicksor.com, Adhitz.com, Bidvertiser.com, dkk.. PPC image : Luminate.com, Imagespacemedia.com, dkk.. PPC Lokal : Kliksaya.com, Kumpulblogger.com, Adsensecamp.com, IdBlognetwork.com, Innity.com, Sitti.co.id, dkk…

CPM (Cost Per Mile)

CPM atau dikenal juga dengan istilah Pay Per Thousand Impressions, yaitu metode dimana anda akan dibayar per seribu impresi (jumlah iklan ditayangkan) tanpa harus mengklik iklan tersebut. Sehingga, apabila iklan anda sudah tayang sebanyak seribu kali, maka anda akan mendapatkan bayaran, dan semakin banyak pengunjung yang mengakses web/blog anda maka impressi akan terus meningkat dan penghasilan yang anda dapatkan akan terus bertambah.


Pay Per Lead (PPL)

PPL yaitu metode dimana anda akan dibayar apabila ada pengunjung melakukan registrasi untuk menggunakan fitur iklan tersebut, seperti mengisi feedback atau testimonial, men-download brosur atau trial program, memainkan game, mengikuti survey, atau membaca penjelasan detail tentang produk iklannya.


CPALead.com, Maxbounty.com, Adscendmedia.com, Azoogle.com, filinet.com, fluxads.com, revenueads.com, adjal.com, adscendmedia.com, affiliatebot.com, cj.com (commission junction), clixgalore.com, CPAboo.com, CPAbullet.com, CPAeMarket.com, Globaldirectmedia.com, lidango.com, linkshare.com, nichepreform.com, peerfly.com, perfecttracking.com, profitistic.co.uk, reachresult.com, synervation.net, triadmedia.com, vcommission.com, dkk…

Pay Per Sale (PPS)

PPS yaitu metode yang menerapkan sistem komisi dari penjualan, sehingga jika ada pengunjung yang membeli produk atau menggunakan jasa dari iklan yang anda tayangkan atau link yand kita cantumkan pada blog atau media lain, maka anda akan mendapatkan komisi yang besarnya biasanya ditentukan dari persentase harga produk/jasa yang berhasil dijual.

Amazon.com, Ebay.com, Clickbank.com, Commission Junction (cj.com), dkk…

A. PROGRAM AFILIASI

Program dimana pemilik situs web atau blog akan mendapatkan komisi (atau hadiah) apabila terjadi transaksi antara perusahaan pemilik program dengan pembeli produk yang diiklankan oleh pemilik situs atau blog. Amazon.Com memiliki program afiliasi (affiliate program) yang cukup terkenal. Kita tinggal mendaftarkan diri dan memasang iklan produk Amazon.Com di situs web atau blog kita. Kita akan mendapatkan komisi (prosentase komisi tergantung produk) apabila ada orang membeli produkAmazon.Com tersebut melalui situs kita. Beberapa perusahaan lain yang menyediakan program afiliasi adalah:


PTR (Paid To Review)

Bisa menjadi Broker sendiri di forum-forum dengan cara mempertemukan antara advertiser dan website owner : adsense-id.com, digitalpoint.com, warriorforum.com, dkk…Bisa juga melalui website broker seperti : Sponsoredreviews.com, blogvertise.com, linkworth.com, buyblogreviews.com, reviewme.com, smorty.com, payingpost.com, payperpost.com, reviewstream.com, getgoodlinks.com, microworkers.com, fiverr.com.

Jual Segala Macam Kemampuan Yang Anda Miliki dan Waktu Luang yang Anda punya. Apapun Kemampuan Anda bisa dijual dan Jika Anda Mempunyai Waktu Luang, bisa juga mengerjakan Job-Job yang menurut Saya Sangat Mudah untuk dikerjakan. Berikut ini tempat Penyedia Job Online dan Pencari Job Online berkumpul:
  1. Fiverr.com
  2. Microworkers.com
  3. Elance.com
  4. dkk…

B. PROGRAM ADVERTISING

Program dimana pemilik situs web atau blog akan mendapatkan uang dengan memasang iklan dari pemilik program. Besar uang yang diterima tergantung dari peraturan yang dibuat oleh pemilik program. Jenis program advertising ini bisa Cost per 1000 Impression (CPM) atau Pay Per Click (PPC). Jadi berbeda dengan program afiliasi, pada program advertising ini uang diterima tidak berdasarkan pada transaksi yang telah dilakukan, tapi berdasarkan impression alias banyaknya iklan ditayangkan (CPM) atau banyaknya klik terhadap iklan (PPC) yang dilakukan oleh pengunjung situs kita.

Contoh perusahaan yang memiliki program CPM adalah fastclick.com dan valueclickmedia.com. Sedangkan yang berbasis PPC adalah Google Adsense, yang saat ini menjadi program advertising favorit bagi pebisnis Internet di dunia. Perusahaan lain yang memiliki layanan program advertising diantaranya adalah sebagai berikut:
Berkembang juga sistem Direct Advertising dimana kita sang pemilik situs web atau blog tidak menggunakan jasa perusahaan periklanan, tapi kita sendiri yang langsung hunting dan mengelola iklan. Detik.com, kompas.com dan sistem layanan iklan banner di portal berita lain adalah salah satu contoh dari Direct AdvertisingDirect Advertisingjuga mulai marak dilakukan secara individual oleh para blogger yang memiliki situs blog bertraffic tinggi. 

Bagaimana cara bergabungnya?

Program yang tersedia cukup banyak, tapi hanya beberapa saja yang berkualitas, karena banyak program sejenis yang tidak akan membayar anda pada akhirnya (scam). Anda dapat bergabung dengan beberapa program terpercaya berikut ini.

Tips bagi yang sudah terdaftar

Untuk meningkatkan pendapatan anda sebaiknya letakkan iklan pada posisi yang strategis dengan ukuran banner yang sesuai, sehingga iklan anda akan lebih mudah diklik oleh pengunjung.

Sebaiknya jangan gunakan iklan popup (iklan yang keluar secara otomatis dan menutupi halaman web) dan jangan gunakan iklan melayang, karena dapat membuat pengunjung anda merasa kurang nyaman yang dampaknya dapat membuat pengunjung tersebut tidak akan mengunjungi web/blog anda kembali.

Gunakan slot iklan sesuai dengan tampilan layout web/blog anda dan jangan gunakan slot iklan yang terlalu berlebihan, karena iklan yang terlalu banyak dapat membuat web/blog anda menjadi lambat untuk diakses dan dapat membuat tampilan web/blog anda terkesan tidak rapi.

Gabungkan antara iklan dengan metode PPC dan CPM karena sangat efektif untuk menambah penghasilan anda. Jika anda seorang sales marketing pastinya akan suka juga dengan metode PPL dan PPS.

Letakkan iklan kontekstual dekat dengan posisi artikel anda atau bahkan disisipkan pada artikel anda, karena iklan kontekstual biasanya relevan dengan isi konten atau keyword artikel anda, sehingga pengunjung akan merasa bahwa iklan tersebut merupakan bagian dari isi artikel dan besar kemungkinan diklik oleh pengunjung.

Jangan pernah mengklik iklan sendiri karena melanggar aturan dan dapat beresiko account anda di-banned.

Sumber:

No comments: