ViralGen Referral Shopping

Tuesday, June 18, 2013

Sekelumit tentang Commisson Junction

Selain Amazon.com Associates, salah satu pemain utama bisnis program affiliasi adalah Commission Junction. Commission Junction adalah situs penyedia program affiliasi di internet yang bermarkas di Amerika Serikat, 530 Est Monteciot St. Santa Barbara, CA 93103. Beberapa perusahaan besar yang "menitipkan" program affiliasi mereka di Commission Junction diantaranya adalah Apple Store, Shop.com, AT&T, Ebay, Best Buy, Dell Small Business dan Travelocity.

Keuntungan terbesar jika Anda bergabung sebagai affiliasi Commission Junction adalah Anda bisa memilih beragam produk dari beragam perusahaan hanya dengan satu kali sign up. Selain itu, Commission Junction juga memberikan kebebasan kepada Anda untuk menentukan sendiri program apa yang ingin Anda ikuti berdasarkan data besarnya persentase komisi dan lead masing-masing program.
 

Masalah registrasi gampang, yang susah adalah di apply sebagai publisher. Permohonan harus di ajukan satu per satu. Ada advertiser yang menerima secara otomatis, secara manual, atau menolak secara otomatis. Untuk advertiser yang menolak secara otomatis (biasanya untuk publisher dari asia) disediakan fasilitass email untuk melakukan permohonan. Bila kita ditolak secara otomatis, kirimlah email yang menjelaskan tentang mengapa anda tertarik dan bagaimana kita mempromosikannya apakah lewat blog, email marketing, dsb.

Untuk melakukan apply, klik "Get Links" lakukan pencarian vendor, pilih advertiser yang diinginkan dengan mencentangnya lalu  klik "Apply to Program" yang terdapat pada bagian atas atau bagian bawah tabel. Atau klik nama advertiser maka akan muncul jendela baru (note: izinkan popup pada setting browser) lalu klik "Apply to Program" pada tombol di akhir jendela. Di jendela ini kita bisa menemukannya icon untuk mengirim email yang terdapat di bagian tengah-kanan jendela.

Kalau di Amazon ada tracking ID di CJ disediakan PID yang fungsinya melacak sumber pengunjung. Jika kita memiliki banyak blog akan mudah mengetahui dari blog yang mana transaksi berasal.

Beberapa hal yang perlu diketahui

Metode pembayaran untuk Indonesia adalah cek minimal $.100 atau melalui VBA (US Virtual Bank).

Sistem pending comission maksudnya pembayaran anda baru diakui sah (locked) setelah 30 atau 60 hari masa penjualan (untuk menjaga refaund) yang biasanya  di lakukan tanggal 10 tiap bulannya. Dan pembayaran (payout) biasanya diproses tanggal 17-23 tiap bulannya.

Di cj.com selain bisa melakukan affilaisi kita juga bisa mendapatkan penghasilan dari lead atau EPC. Lead maksudnya komisi dibayarkan ketika ada yang melakukan registrasi (referral), sementara EPC adalah jumlah per 100 klik dalam batas waktu tertentu (7 hari atau 3 bulan).

Saran:

- Buatlah blog yang berkualitas untuk menawarkan produk. Blog yang asal-asal akan menimbulkan kekhawatiran pada pengunjung.
- Supaya gampang di aprove AdVertiser cj, cobalah buat artikel review produk mereka terlebih dahulu.
- Cari produk yang mudah di promosikan atau yang berkaitan dengan tema blog anda.

No comments: